Jurnal Impresi Indonesia
Vol. 4 No. 10 (2025): Indonesian Impression Journal (JII)

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Genially untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Oktaviane, Yurika (Unknown)
Yarmi, Gusti (Unknown)
Jayanti Suhandoko, Astri Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini mengembangkan multimedia interaktif berbasis Genially untuk meningkatkan literasi digital dan motivasi belajar siswa kelas VI SD. Latar belakang didasarkan pada rendahnya kompetensi literasi siswa (rata-rata 75,88) dan terbatasnya pemanfaatan media digital oleh guru. Metode penelitian menggunakan R&D dengan model ADDIE yang melibatkan 84 siswa dari empat SDN di Jakarta. Pengumpulan data melalui validasi ahli, tes literasi digital, angket motivasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan produk sangat layak (skor validasi 90,10%) dan praktis (skor 90,24%). Analisis statistik membuktikan peningkatan signifikan literasi digital (N-Gain 58,61%) dan motivasi belajar (N-Gain 57,66%) dengan sig. 0,000. Observasi menunjukkan peningkatan partisipasi dan antusiasme siswa. Disimpulkan bahwa multimedia Genially efektif meningkatkan literasi digital dan motivasi belajar. Implementasi memerlukan dukungan infrastruktur dan pelatihan guru. Penelitian lanjutan disarankan dengan sampel lebih luas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Jurnal Impresi Indonesia provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from management, economics, ...