Jurnal Penyuuhan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat (September)

Pemberdayaan Literasi dan Numerasi Dasar bagi Pelajar di Kampung Gandrung

Purnamaningsih, Ine Rahayu (Unknown)
Mayangsari, Dewi (Unknown)
Nugroho, Rico Setyo (Unknown)
Hasan, Firman Noor (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada Pemberdayaan Literasi dan Numerasi bagi anak-anak di TK Spacetoon, Desa Jambudipa, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi dasar anak usia dini melalui metode pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan terintegrasi dengan budaya lokal. Pelaksanaan PKM berlangsung dari 18 Agustus hingga 12 September 2025, bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Metode yang digunakan adalah kolaborasi multi-pihak, melibatkan akademisi dari Forum Komunikasi Dosen (FKD) sebagai narasumber, serta partisipasi aktif dari seluruh komunitas sekolah yakni kepala sekolah, guru, komite, orang tua, dan tokoh masyarakat setempat (RT/RW). Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada antusiasme dan kemampuan dasar literasi-numerasi anak, serta peningkatan kapasitas guru dan orang tua dalam mendampingi proses belajar anak. Program ini membuktikan bahwa sinergi antara akademisi dan komunitas dapat menciptakan model pendidikan holistik yang berkelanjutan, menumbuhkan fondasi belajar yang kuat dan relevan dengan konteks sosial budaya anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Penyuluhan Pertanian, Komunikasi Pembangunan, Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, Sosiologi dan Antropologi Pertanian, Manajemen Sumberdaya Manusia, Kepemimpinan dan Kelembagaan Pertanian, Kewirausahaan dan Sistem Inovasi Pertanian, Pembangunan Pertanian dan Pedesaan Pendidikan dan Media ...