RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 11, No 2 (2025)

PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA SMAN 1 MANDAU

Aswinda, Aswinda (Unknown)
Alwizar, Alwizar (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Tohirin, Tohirin (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dinamika penggunaan gadget dalam mempengaruhi motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas X di SMA Negeri 1 Mandau dan menganalisis strategi pedagogis guru dalam mengintegrasikan teknologi digital sebagai media pembelajaran efektif. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus tunggal, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan guru PAI dan siswa, observasi partisipatif terhadap proses pembelajaran, serta analisis dokumen pembelajaran. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan SaldaƱa dengan teknik coding bertingkat dan triangulasi untuk memastikan kredibilitas temuan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan gadget dalam pembelajaran PAI menciptakan peningkatan engagement siswa melalui aplikasi Al-Qur'an digital, akses luas terhadap sumber keagamaan, dan pengembangan kemandirian belajar spiritual. Strategi pedagogis yang efektif mencakup blended learning, storytelling digital, gamifikasi, personalisasi pembelajaran, dan contextual learning yang mentransformasi gadget menjadi medium spiritual. Temuan ini menantang perspektif teoritis yang skeptis terhadap teknologi dalam pembelajaran agama, menunjukkan bahwa implementasi yang thoughtful dapat memperkuat internalisasi nilai-nilai keagamaan. Penelitian berkontribusi pada pencapaian SDG 4, 11, dan 16 melalui model pendidikan yang mengintegrasikan teknologi untuk memperkuat karakter spiritual dan kohesi sosial dalam masyarakat berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...