RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 11, No 2 (2025)

PENGARUH JENIS FEEDBACK DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP CAPAIAN HASIL BELAJAR PROSEDURAL PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Muanam, Khoirul (Universitas Negeri Malang)
Degeng, Made Duananda (Universitas Negeri Malang)
Surahman, Ence (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh strategi jenis feedback dan Locus of Control terhadap hasil belajar prosedural mahasiswa dalam pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Kemampuan prosedural dipandang krusial dalam pembelajaran yang menuntut keterampilan teknis dan berpikir sistematis. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu pada 68 mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2023. Subjek dibagi ke dalam tiga kelompok perlakuan: teacher feedback, peer feedback, dan self feedback, yang selanjutnya diklasifikasikan berdasarkan Locus of Control internal dan eksternal. Instrumen tes hasil belajar prosedural berupa 20 soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji ANOVA dua jalur dengan prasyarat normalitas dan homogenitas terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan hasil belajar prosedural antar strategi feedback (p = 0,002), dengan peer feedback menghasilkan rata-rata nilai tertinggi. Tidak ditemukan perbedaan signifikan berdasarkan Locus of Control saja (p = 0,751). Namun, terdapat interaksi signifikan antara strategi feedback dan Locus of Control (p = 0,046), menunjukkan bahwa efektivitas feedback dipengaruhi karakteristik psikologis mahasiswa. Temuan ini menegaskan pentingnya pemilihan strategi feedback yang adaptif terhadap profil Locus of Control guna mengoptimalkan hasil belajar prosedural.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...