RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 11, No 2 (2025)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL DI SEKOLAH ANUBAN RANONG DAN SEKOLAH CHATCHALERM DI THAILAND

Koono, Rookaiya (Unknown)
Yuliana, Lia (Universitas Negeri Yogyakarta)
Suhardiman, Azman (Universitas Negeri Yogyakarta)
Muslih, Moh. (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan Strategi kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah unggul di Sekolah Anuban Ranong 2) Mendeskripsikan Strategi kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah unggul di Sekolah Chatchalerm 3) Mendeskrifsikan strategi kepala sekolah yang efektif dalam mewujudkan sekolah unggul. Penelitian ini berfokus pada peran pemimpin sekolah dalam menerapkan strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, memotivasi pembelajaran, mengontrol kualitas, dan mengelola sumber daya secara efektif.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara mendalam dan kajian dokumentasi dengan mengumpulkan sejumlah informasi atau data untuk menemukan strategi kepala sekolah yang efektif untuk mewujudkan sekolah unggul. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Strategi kepala sekolah yang efektif dalam mewujudkan sekolah unggul di Sekolah Anuban Ranong, dan sekolah Chatchalerm, meliputi: (a) Kepemimpinan Visioner (b) Budaya Mutu (c) Pengelolaan Sumber Daya (d) Pemberdayaan Guru dan Staf. Dengan menerapkan strategi-strategi yang telah dipaparkan di atas, kepala sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pencapaian tujuan pendidikan dan menjadikan sekolah sebagai institusi unggul.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...