RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 11, No 2 (2025)

PEMANFAATAN CHATBOT AI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Riyadi, Sugeng (Universitas Negeri Yogyakarta)
Budiyanto, Eko (Universitas Negeri Yogyakarta)
Hastuti, Hastuti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Nofriansyah, Nofriansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk melakukan Tinjauan Literatur Sistematis tentang Penggunaan Chatbot AI untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Seiring kemajuan teknologi masa kini, chatbot AI diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran mandiri dengan memberikan umpan balik instan, akses fleksibel ke materi, dan pembelajaran yang dipersonalisasi. Proses SLR melibatkan pencarian, pemilihan, dan analisis artikel yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir mengenai penggunaan AI Chatbot dalam konteks pendidikan. Studi ini mengidentifikasi manfaat utama penggunaan AI Chatbot yaitu pengaturan diri, manajemen waktu, dan motivasi. Namun, juga ditemukan bahwa masih ada tantangan dengan pemahaman kontekstual yang terbatas tentang percakapan dan akses yang tidak merata terhadap teknologi. Hasil temuan menunjukkan meskipun Chatbot AI memiliki potensi besar untuk mendukung kemandirian belajar siswa, pengembangan lebih lanjut diperlukan dalam pemahaman kontekstual dan integrasi teknologi yang lebih inklusif. Studi ini mengusulkan untuk mengembangkan chatbot masa depan yang lebih mudah beradaptasi dan relevan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran yang efektif dan mandiri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...