Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Vol 5, No 2 (2025): September

Peran Guru PKN dalam Upaya Penguatan Karakter Toleransi pada Siswa Kelas XI SMA Asuhan Daya

Dewi, Putri Tiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Peran Guru Pkn Dalam Upaya Penguatan Karakter Toleransi Pada Siwa Kelas XI SMA Asuhan Daya, karakter toleransi menjadi salah satu aspek penting dalam pembentukan kepribadian siswa ditengah keberagaman budaya, agama, dan suku yang ada dindonesia. Guru PKn memiliki tanggung jawab besar dalam menanamkan nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran dikelas. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif, pengumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara, serta metode dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dalam penguatan karakter toleransi guru lah yang kemudian menjembatani dalam penanaman nilai toleransi terhadap siswa, disebutkan bahwasanya ada lima langkah dalam menerapkan pendidikan sikap toleransi di dalam kelas yaitu yang pertama, menganalisis kompetensi dasar dengan mengidentifikasi nilai karakter yang ada di dalam materi pelajaran. Kemudian yang kedua, merencanakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang difokuskan pada isi tentang toleransi, yang ketiga mengikuti pembelajaran sesuai dengan yang sudah direncanakan, yang keempat melaksanakan proses penilaian dan, yang terakhir melakukan evaluasi hasil belajar untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik mengenai apa yang guru ajarkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimedu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikabaik pendidikan secara umum, pendidikan bahasa inggris, bahasa indonesia, ...