Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin motivasi belajar siswa kelas X KI 3 di SMK Negeri 3 Medan melalui penerapan layanan bimbingan kelompok dengan metode window shopping. Motivasi belajar merupakan aspek penting dalam keberhasilan akademik siswa, melalui adanya motivasi belajar akan mendorong siswa untuk ma uterus belajar dan berkembang menambah wawasan yang mempengaruhi peningkatan akademiknya, namun observasi awal menunjukkan adanya indikasi rendahnya motivasi belajar pada sebagian siswa, seperti keterlambatan hadir di sekolaah tepat waktu, kurang aktif dalam pembelajaran, tidak memperhatikan guru, tidak mengerjakan tugas dan kurangnya inisiatif belajar mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X KI 3 SMK Negeri 3 Medan yang terindentifikasi memiliki tingkatmotivasi belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan catatatan belajar mata pelajaran. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diharapkan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode window shopping. Metode window shopping digunakan dalam penelitian sebagai metode untuk meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik karena metode tersebut merupakan metode belajar yang menarik dan menyenangkan, dimana didalam pelaksanaan nya peserta didik belajar dengan bebas mengutarakan pendapat namun sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan diharapkan dapat memberikan dukungan sosial dan kesempatan bagi siswa untuk berbagi pengalaman secara bersama-sama. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis bagi guru bimbingan dan konseling (BK) di SMK Negeri 3 Medan dalam mengembangkan intervensi yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya da
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025