Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka di era digital dari aspek kesiapan guru dan infratsruktur. Implementasi Kurikulum Merdeka di era digital membawa tantangan kompleks yang berkaitan dengan kesiapan guru dan ketersediaan infrastruktur teknologi. Kurikulum ini menekankan fleksibilitas, pembelajaran berbasis proyek, dan pemanfaatan teknologi, yang menuntut kesiapan sumber daya manusia dan dukungan sistem yang kuat. Kajian ini mengungkapkan masih adanya kesenjangan digital antara wilayah kota dan desa, keterbatasan perangkat pembelajaran, serta rendahnya literasi digital guru. Faktor internal seperti kompetensi dan motivasi, serta faktor eksternal seperti pelatihan dan dukungan institusional, turut memengaruhi kesiapan guru. Diperlukan strategi penguatan kapasitas guru, perbaikan infrastruktur TIK, dan kolaborasi lintas sektor untuk memastikan Kurikulum Merdeka berjalan optimal dalam menjawab tantangan pendidikan abad ke-21.
Copyrights © 2025