Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah pendekatan berbasis teks memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa kelas XI dalam menulis teks naratif. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental. Populasi penelitian terdiri dari 330 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Siantar. Dari populasi tersebut, dua kelas, XI-6 dan XI-7, dipilih secara purposif, dengan masing-masing kelas terdiri dari 31 siswa yang menjadi sampel penelitian. Alat penilaian yang digunakan adalah Pre-Test dan Post-Test menulis. Kinerja menulis dievaluasi menggunakan sistem penilaian standar Brown, yang berfokus pada tata bahasa, kosakata, dan mekanika penulisan. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 30, yang meliputi analisis deskriptif, uji normalitas, uji Wilcoxon, dan uji Mann-Whitney. Hasil menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) adalah < 0.001, yang lebih rendah dari 0.005. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (Ho) ditolak. Disimpulkan bahwa pendekatan berbasis teks secara signifikan meningkatkan kemampuan menulis naratif siswa di SMA Negeri 1 Siantar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025