Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 3 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas VI B Di SDN 168 Pekanbaru

Solikin, M (Unknown)
Marhadi, Hendri (Unknown)
Nurdin, Landriani (Unknown)
Futrianota, Holly Dwi (Unknown)
Marcela, Landriani Salsa (Unknown)
Ashirin, Nur (Unknown)
Rosa, Prima (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS pada siswa kelas VI B SDN 168 Pekanbaru Tahun Ajaran 2024–2025. Penelitian dilaksanakan pada April 2025 dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolaboratif, melibatkan peneliti, dosen pembimbing, guru pamong, dan guru kelas. Fokus utama penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk memperkuat pemahaman konsep dan meningkatkan hasil akademik siswa. Data dikumpulkan melalui tes ulangan harian guna mengukur kemampuan kognitif siswa serta melalui observasi dan catatan lapangan untuk menilai partisipasi mereka dalam pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk menilai perkembangan hasil belajar. Proses pembelajaran dibagi dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 93,5% di siklus I menjadi 97% di siklus II, membuktikan efektivitas model PBL

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...