Jurnal Pembelajaran Prospektif
Vol 10, No 2 (2025)

Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru IPA di SMP Negeri 4 Pontianak

Herwanti, Neti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Kompetensis Profesional Guru SMP Negeri 4 Pontianak.Penelitian dilakukan dengan dua siklus, pada setiap siklus memiliki perencanaan, pelaksanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik Analisa data penjadi pedoman pengelolaan data yang dengan mengunakan presentase (%) pencapaian konstanta 100. Kompetensi professional yang terdiri dari: Kompetensi 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Penilaian. Hasil Penelitian pada siklus I pada kompetensi perencana sebesar 92%, pada siklus II sebesar 97 % terjadi peningkatan sebesar 5%. Pada kompetensi pelaksanaan siklus I sebesar 79%, pada siklus II sebesar 93% terjadi peningkatan sebesar 14%. pada kompetensi penilaian pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II sebesar 97% terjadi peningkatan sebesar 26%. Terdapat peningkatan rata-rata presentase kompetensi professional guru IPA melalui supervise kolaboratif sebesar 15 %.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lp3m

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pembelajaran Prospektif (JPP) is aimed at facilitating scholars, researchers, curriculum developers, educational practitioners, and teachers for publishing the original articles in the form of research paper, theory-based empirical paper, book review, and paper review. The topic areas are ...