Pasar sneaker global diperkirakan mencapai 84,5 miliar dolar AS pada 2024 dan diproyeksikan tumbuh hingga 109 miliar dolarAS pada 2029. Kota Bandung mencatat penjualan sepatu Nike tertinggi di Indonesia sebesar 16,90%. Penelitian ini memilikitujuan dalam melakukan analisis pengaruh yang dimiliki Citra merek beserta kualitas produk kepada keputusan pembeliansepatu Nike, melalui persepsi nilai yang menjadi variabel mediasinya. Terdapat sebuah metode yang dipakai yaitu berupakuantitatif melalui metode purposive sampling terhadap sejumlah 100 responden pengguna sepatu Nike di Bandung. Analisisdata dilakukan menggunakan SEM-PLS melalui aplikasi SmartPLS4. Hasil menampilkan bahwasanya Citra merek kemudianjuga kualitas produk mempengaruhi dengan positif serta signifikan kepada persepsi nilai dan keputusan pembelian yang ada,bisa dengan langsung ataupun tidak langsung melalui persepsi nilai. Dimiliki oleh citra merek memiliki pengaruh terbesarkepada persepsi nilai (T-value 5,425), sedangkan kualitas produk juga menunjukkan pengaruh kuat terhadap persepsi nilai (Tvalue6,059). Persepsi nilai terbukti mempengaruhi dengan signifikan kepada aspek keputusan pembelian yang ada (T-value2,416). Temuan menampilkan bahwasanya konsumen cenderung mempertimbangkan nilai fungsional dan emosional dalampembelian. Oleh karena itu, perusahaan perlu memperkuat strategi pemasaran digital dan memanfaatkan ulasan positif untukmeningkatkan pengaruh sosial kepada keputusan pembelian.Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Perceived Value
Copyrights © 2025