eProceedings of Management
Vol. 12 No. 4 (2025): Agustus 2025

Pengaruh Gamifikasi Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Minat Beli Dengan E-Trust Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna Aplikasi Shopee

Yudha Riswandha, Oksa (Unknown)
Putra Rakhmadani, Diovianto (Unknown)
Van Marsally, Silvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gamifikasi dan persepsi kegunaan terhadap minat beli pengguna aplikasi Shopee, dengan e-trust sebagai variabel mediasi. Latar belakang penelitian didasari oleh meningkatnya persaingan platform e-commerce dan pentingnya strategi interaktif untuk mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode purposive sampling terhadap 201 responden yang pernah menggunakan fitur Shopee Games. Teknik analisis data menggunakan PLS-SEM melalui aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gamifikasi dan persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap e-trust dan minat beli. E-trust juga berpengaruh signifikan terhadap minat beli, serta memediasi hubungan antara gamifikasi dan minat beli. Namun, e-trust tidak memediasi hubungan antara persepsi kegunaan dan minat beli. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pengelola e-commerce dalam mengembangkan fitur interaktif yang dapat meningkatkan kepercayaan dan mendorong pembelian.Kata kunci: Gamifikasi, Persepsi Kegunaan, Minat Beli, E-Trust, Shopee, PLS-SEM

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...