Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 5 No 2: Agustus (2025)

Perancangan Game Edukasi Pengenalan Angka untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Palopo

Pradana, Ari (Unknown)
Kasma, Safwan (Unknown)
Jumarniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi pengenalan angka yang ditujukan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Palopo. Anak tunagrahita cenderung memiliki keterbatasan dalam kemampuan kognitif dan daya konsentrasi, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang lebih visual, interaktif, dan menyenangkan. Game edukasi ini dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan Unity dan dirancang untuk berjalan pada platform Android agar mudah diakses. Pengujian dilakukan dengan metode black box serta validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game edukasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif. Media ini tidak hanya membantu siswa dalam mengenal angka secara lebih menyenangkan, tetapi juga memudahkan guru dalam menyampaikan materi secara efektif. Dengan demikian, game edukasi ini diharapkan dapat menjadi solusi pembelajaran yang inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...