JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan FIVITAR (Flip Books Virtual Field Trip Berbasis AR) dalam Pembelajaran Anatomi Lima Spesies Bunga

Muhammad Badruttamam (Unknown)
Faiq Makhdum Noor (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik terhadap keragaman anatomi bunga akibat keterbatasan media pembelajaran yang interaktif dan kurangnya akses terhadap spesimen asli. Upaya peningkatan kualitas pembelajaran dilakukan melalui pengembangan media interaktif berbasis teknologi Augmented Reality (AR) berupa FIVITAR (Flip Books Virtual Field Trip berbasis AR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, menilai kelayakan, serta mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap penggunaan FIVITAR. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Validasi terhadap media FIVITAR dilakukan oleh ahli media dengan skor 90% dan ahli materi dengan skor 89% yang keduanya termasuk kategori sangat layak. Uji coba skala kecil menunjukkan kelayakan 100%, sementara uji coba skala besar menghasilkan skor 86% yang juga tergolong dalam kategori sangat layak. Sementara itu, guru sebagai pengguna turut memberikan skor 96%, yang menegaskan media ini berada pada kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulannya, FIVITAR sangat layak sebagai media pembelajaran anatomi bunga dan disarankan untuk mengembangkan media serupa pada materi biologi lainnya dengan peningkatan kualitas teknologi AR.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...