Pemahaman konsep matematika mencerminkan kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran serta menggunakan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 4 Gerung tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan menerapkan desain posttest-only control group. Sampel ditentukan melalui teknik cluster random sampling, dengan kelas VII F sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII G sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tiga teknik yang meliputi observasi, wawancara, dan tes dengan instrumen berupa lembar observasi keterlaksanaan, modul ajar, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan posttest kemampuan pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa rata-rata nilai posttesti pada kelas eksperimen mencapai 76,84, yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai kelas kontrol, yaitu 57,74. Hasil tersebut diperkuat melalui hasil uji effect size yang menunjukkan nilai d = 1,10251 ≥ 0,8 sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran AIR pada kelas eksperimen dengan kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran AIR memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gerung Tahun Ajaran 2024/2025.
Copyrights © 2025