JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media PowerPoint terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Waingapu

Yetri Rambu Hawa (Unknown)
Darius Imanuel Wadu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang kurang tepat dapat menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media PowerPoint terhadap hasil belajar siswa SMA Muhammadiyah Waingapu. Peneliitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Designs menggunakan pendekatan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Waingapu, dengan subjek penelitian yaitu 20 siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan Pretest dan Posttest terhadap materi perbandingan trigonometri, masing-masing terdiri dari 3 butir soal uraian. Data dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif, uji normalitas dan uji hipotesis (Paired sample t-Test). Hasil uji hipotesis nilai signifikan (Two-Sided p) sebesar 0,000 artinya kurang dari 0,05 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media PowerPoint terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Muhammadiyah Waingapu. Disarankan agar model CTL, khususnya yang didukung media interaktif dan kontekstual dapat diterapakn lebih luas dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...