JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran NHT Berbantuan Media Batang Napier terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III SD Negeri Gandekan

Martha Yohana Sinaga (Unknown)
Ema Butsi Prihastari (Unknown)
Jumanto, Jumanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Studi ini bermaksud untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media batang Napier terhadap hasil belajar matematika murid kelas III SD Negeri Gandekan Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang dipakai ialah kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 27 murid yang diambil memakai teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data memakai tes, wawancara tidak terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Instrumen diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis memakai paired sample t-test. Hasil memperlihatkan rata-rata nilai pretest senilai 73,74 (74%) dan posttest senilai 83,33 (83%). Hasil uji paired sample t-test memperlihatkan nilai thitung senilai 6,708 dan signifikansi (2-tailed) senilai 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, ada pengaruh signifikan penggunaan model NHT berbantuan media batang Napier terhadap hasil belajar matematika. Model ini juga menjadikan pembelajaran lebih aktif, menarik, dan bermakna bagi murid.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...