JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Media Board Game “Ekosistem Simbioterra” untuk Memfasilitasi Pemahaman dan Kolaborasi Siswa

Hosnia, Hosnia (Unknown)
Habiddin, Habiddin (Unknown)
Rudiyanto, Rudiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini didasari dari temuan pemahaham siswa terhadap materi simbiosis masih tergolong rendah yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih kurang bervariasi dan belum memaksimalkan sumber belajar atau alat bantu pendukung dalam pembelajaran, serta perlunya bagi seorang siswa untuk mempunyai keterampilan kolaborasi yang merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media atau alat bantu dalam proses pembelajaran agar dapat memfasilitasi pemahaman materi simbiosis dan kolaborasi siswa berupa media board game “Ekosistem Simbioterra”. Penelitian ini mengggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap ketiga yaitu develop. Pengembangan media boardgame dilakukan dengan validasi ahli dan respon siswa terhadap media boardgame. Hasil yang diperoleh dinyatakan valid dengan persentase 90% dan jika melihat dari angket respon siswa juga dinyatakan baik dengan persentase 75.81%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...