Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan AR dalam pembelajaran fisika. Efektivitas ini dapat ditinjau pada hasil belajar, pemahaman konsep, keterampilan berpikir, dan motivasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur sistematis (systematic literature review) yang mengkaji hasil-hasil penelitian sebelumnya mengenai penggunaan AR dalam pembelajaran fisika. Adapun sumber literatur yang digunakan berasal dari jurnal akademik yang diperoleh dari berbagai portal pengindeks ilmiah terkemuka, seperti Google Scholar, SINTA, Garuda, dan basis data ilmiah lainnya yang kredibel serta diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AR dalam pembelajaran fisika memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar dan pemahaman konsep. AR mampu memvisualisasikan fenomena fisika yang kompleks, seperti gerak planet, perpindahan kalor, magnet, gerak melingkar, gerak lurus, getaran, gelombang dan bunyi, serta struktur atom, sehingga memudahkan peserta didik dalam memahami materi. Selain itu, AR juga terbukti dalam meningkatkan keterampilan berpikir dan motivasi belajar peserta didik.
Copyrights © 2025