Pendahuluan: Kecemasan berbicara di depan umum atau public speaking anxiety merupakan salah satu bentuk kecemasan sosial yang umum dialami oleh remaja, termasuk siswa SMP. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kecemasan ini adalah konsep diri, yaitu bagaimana seseorang memandang dan menilai dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa SMP Negeri 1 Curug Kabupaten Tangerang. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel sebanyak 255 responden yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Analisis Data: menggunakan uji Chi-Square. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kecemasan berbicara di depan umum (p = 0,000 ; p < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa semakin positif konsep diri siswa, maka semakin rendah tingkat kecemasannya saat berbicara di depan umum. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa semakin positif konsep diri siswa, maka semakin rendah tingkat kecemasannya saat berbicara di depan umum.
Copyrights © 2025