Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI.3 melalui penggunaan media blooket dalam proses pembelajaran pendidikan pancasila di SMA Negeri 3 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas XI.3 SMA Negeri 3 Palembang. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan persentase. Instrumen hasil belajar yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang disusun berdasarkan indikator pencapaian kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media blooket dapat meningkatkan hasil belajar. Pada tahap pra siklus, hasil belajar peserta didik hanya mencapai 33,33%. Pada siklus pertama, persentase meningkat menjadi 69,23%, namun belum memenuhi target yang ditetapkan. Pada siklus kedua hasil belajar peserta didik meningkat hingga mencapai 89,74%. Dengan demikian, penggunaan media blooket mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI.3 di SMA Negeri 3 Palembang.
Copyrights © 2025