Rendahnya hasil belajar siswa pada Elemen Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan menjadi faktor pemilihan model pembelajaran PBL. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan seberapa efektif model pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui elemen Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen dengan bentuk desain One Group Pretest-Posttest. Jumlah sampel penelitian yang dipakai yaitu 26 orang siswa XI DPIB. Penelitian dilaksanakan dengan memberikan instrument tes berupa pretest dan posttest. Untuk uji coba soal tes, telah dilakukan pada siswa kelas XI DPIB di SMKN 1 Padang dengan jumlah responden adalah 25 orang. Penelitian ini menunjukkan bahwa untuk hasil pretest sebelum diberi perlakuan dengan nilai rata-rata 40,77 dan hasil Setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 67,54. Hal ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, dan dilihat dari nilai terendah dan tertinggi hasil posttest menunjukkan bahwa nilai peserta didik setelah diberikan perlakuan model Problem Based Learning lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Selain itu, hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Paired Sample t-test diperoleh bahwa nilai signifikansi lebih kecil daripada alpha (0,05) yakni 0,008 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada Elemen Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan.
Copyrights © 2025