Griya Journal of Mathematics Education and Application
Vol. 5 No. 3 (2025): September 2025

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Berbantuan Media Quizizz

Hairani (Unknown)
Junaidi (Unknown)
Maksud (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran matematika di kelas VII-K SMPN 2 Mataram. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan di setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 43 orang peserta didik kelas VII-K. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi aktivitas belajar peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik dalam aktivitas maupun hasil belajar peserta didik di setiap siklus. Secara klasikal, ketuntasan hasil belajar mencapai 55,81% dengan rata-rata nilai 75,76 pada siklus I dan meningkat menjadi 88,37% dengan rata-rata 88,63 pada siklus II. Persentase aktivitas belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, dari 74% (kategori baik) di siklus I dan menjadi 85% (kategori sangat baik) di siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, penerapan model Problem Based Learning berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) dinyatakan berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, karena telah memenuhi indikator keberhasilan, yakni aktivitas minimal berkategori baik dan tingkat ketuntasan minimal mencapai 75%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Griya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Griya Journal of Mathematics Education and Application adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun ...