Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika, terutama pada materi barisan dan deret aritmatika. Berdasarkan hasil observasi rata-rata tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa secara keseluruhan adalah 37% dan berdasarkan tabel kriteria kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini dilakukan untuk melihat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pendekatan berdiferensiasi berbantuan media Edpuzzle yang lebih baik secara signifikan daripada menggunakan pendekatan konvensional pada materi barisan dan deret aritmatika. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Jabal Nur, serta yang menjadi sampel yaitu siswa kelas XI-1 dan kelas XI-3 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil anggota sampel dari populasi dengan pertimbangan tertentu. Analisis data menggunakan uji non parametrik Mann-Whitney U serta data diolah menggunakan software SPSS versi 25 for windows. Hasil Mann-Whitney U diperoleh nilai asymp sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, sehingga diterima yakni peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pendekatan berdiferensiasi berbantuan media Edpuzzle lebih baik secara signifikan daripada menggunakan pendekatan konvensional pada materi barisan dan deret aritmatika.
Copyrights © 2025