Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol. 5 No. 3 (2025): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan Media Edpuzzle

Aufa, Zurra Yusally (Unknown)
Aklimawati, Aklimawati (Unknown)
Qausar, Haves (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika, terutama pada materi barisan dan deret aritmatika. Berdasarkan hasil observasi rata-rata tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa secara keseluruhan adalah 37% dan berdasarkan tabel kriteria kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini dilakukan untuk melihat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pendekatan berdiferensiasi berbantuan media Edpuzzle yang lebih baik secara signifikan daripada menggunakan pendekatan konvensional pada materi barisan dan deret aritmatika. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Jabal Nur, serta yang menjadi sampel yaitu siswa kelas XI-1 dan kelas XI-3 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil anggota sampel dari populasi dengan pertimbangan tertentu. Analisis data menggunakan uji non parametrik Mann-Whitney U serta data diolah menggunakan software SPSS versi 25 for windows. Hasil Mann-Whitney U diperoleh nilai asymp sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, sehingga  diterima yakni peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pendekatan berdiferensiasi berbantuan media Edpuzzle lebih baik secara signifikan daripada menggunakan pendekatan konvensional pada materi barisan dan deret aritmatika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...