Salah satu kendala dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa, serta kurang optimalnya pemanfaatan teknologi. Kondisi ini menuntut penerapan model pembelajaran yang mendorong keterlibatan aktif dan selaras dengan perkembangan zaman. Tujuan dari kajian ilmiah ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajarn active learning berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi experiment dan desain the nonequivalent posttest-only control group design. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa SMA Negeri 1 Muara Batu sebagai populasi. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa posttest dengan tiga soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis. Data dianalisis menggunakan uji nonparametrik Mann-Whitney. Hasil menunjukkan nilai signifikansi Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H₁ diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan model active learning berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan alternatif model pembelajaran inovatif berbasis teknologi yang efektif serta mendukung arah pendidikan yang menekankan keterlibatan aktif siswa, sehingga efektif dalam mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis matematis siwa.
Copyrights © 2025