Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional dan ada tidaknya hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar ips peserta didik kelas VIII MTS Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini mencakup keseluruhan siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islamiyah dengan Jumlah 88 peserta didik. Peneliti menggunakan teknik simple random sampling dimana pengambilan sampel secara acak atau random tanpa mempertimbangkan tingkatan populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji kolmogorov-smirnov. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII MTs Tarbiyatul Islamiyah berada pada kategori sedang yang diperoleh dari pada pengkategorisasian variabel kecerdasan emosional sebesar 58% sebanyak 51 siswa. Hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII MTs Tarbiyatul Islamiyah dalam kategori sedang dengan hasil sebesar 59% sebanyak 52 siswa dan kategori tinggi diperoleh 22% sebanyak 19 siswa, dan pada kategori rendah diperoleh 19% sebanyak 17 siswa. Data ini diperoleh berdasarkan nilai raport penilaian akhir semester (PAS) ganjil yang telah dilaksanakan. Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII MTs Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,800. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “sangat kuat” karena dalam rentang 0,80 – 1000.
Copyrights © 2025