Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penguatan karakter religius siswa dan implikasinya dalam mencegah perilaku bullying di SMA Islam Terpadu (SMAIT) Daarussalaam Sangatta Utara. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Bina Pribadi Islami (BPI) memiliki peran sentral dalam membentuk karakter religius siswa melalui kegiatan rutin seperti tilawah, muroja’ah, kultum, mutaba’ah ibadah, dan pembinaan akhlak. Nilai-nilai religius seperti keimanan, kejujuran, kepedulian, disiplin, dan akhlak mulia diinternalisasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Penguatan karakter ini terbukti mampu mengurangi perilaku bullying verbal yang masih muncul, serta mendorong siswa memiliki kesadaran moral dan tanggung jawab sosial yang lebih tinggi. Dengan demikian, BPI menjadi pendekatan strategis dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman, religius, dan kondusif bagi perkembangan siswa.    
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025