Penelitian ini bertujuan memperoleh data empiris mengenai pengembangan media video animasi berbasis Canva dengan metode Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi norma untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Karya Bangsa Kota Depok. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan subjek penelitian siswa kelas VII, guru PPKn, dan ahli IT sebagai informan. Data dikumpulkan melalui tes untuk mengukur pemahaman, observasi untuk menilai motivasi belajar, serta angket untuk mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi berbasis Canva dengan metode STAD efektif meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 87,14, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 80,21. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi berbasis Canva dengan metode STAD dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa pada materi norma.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025