Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis puzzle dengan metode jigsaw untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah sekaligus memperbaiki hasil belajar pada materi Hak dan Kewajiban. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model Borg dan Gall, yang melibatkan proses perencanaan, pengembangan, validasi, hingga uji coba lapangan. Subjek penelitian terdiri atas tiga ahli validator (materi, media, dan pendidikan), seorang guru, serta 60 siswa sekolah dasar sebagai responden. Data dikumpulkan melalui angket validasi, tes hasil belajar, dan observasi kedisiplinan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media puzzle yang dikembangkan sangat layak digunakan, ditunjukkan dengan persentase kelayakan ahli materi sebesar 92%, ahli media 96%, ahli pendidikan 100%, penilaian guru 94,44%, dan penilaian siswa 90,10%. Uji efektivitas dengan paired sample t-test mengungkapkan perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest pada variabel disiplin (t = -11,042; p < 0,05) maupun hasil belajar (t = -7,899; p < 0,05). Analisis normalized gain (N-Gain) menunjukkan peningkatan dalam kategori sedang, yaitu 0,486 untuk disiplin dan 0,313 untuk hasil belajar. Temuan ini membuktikan bahwa media puzzle berbasis metode jigsaw tidak hanya valid dan layak, tetapi juga efektif sebagai alternatif media pembelajaran yang mampu memperkuat nilai karakter disiplin serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn. .
Copyrights © 2025