Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan hasil dari inovasi pembelajaran melalui metode Teams Games Tournament (TGT) sebagai upaya peningkatan kompetensi siswa, yang meliputi beberapa hal dalam temuan penelitian yakni kegunaan metode Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan kompetensi siswa yang mencakup tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Dengan peristiwa yang seringkali terjadi pada kompetensi siswa dalam pembelajaran PAI sehingga hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa, selain itu siswa membutuhkan sesuatu yang baru, dengan suasana kelas yang baru. Metode teams games tournament ini juga memiliki 2 faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung ialah ketepatan guru dalam menggunakan metode dan penyesuaian metode dengan karakter siswa. Faktor penghambatnya ialah sarana prasarana yang kurang lengkap dan membutuhkan waktu yang cukup lama, karena jika guru tidak bisa mengondisikan siswa maka waktu yang digunakan akan kurang. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus, memerlukan analisis yang mendalam terhadap fakta peristiwa yang terjadi, dan memanfaatkan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memperkuat data dalam hasil temuan. Peneliti menggunakan sampel pada kelas V dengan 30 jumlah siswa.
Copyrights © 2025