Artikel ini bertujuan untuk mengetahu bagaiman aspek-aspek politik berpengaruh pada kebijakan perubahan kurikulum dalam sistem pendidikan nasional Indonesia.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis riset kepustakaan karena sumber data utama dalam penelitian ini yaitu dengan menelusuri jurnal, berita, buku dan literatur lain yang relevanPolitisasi kebijakan perubahan kurikulum mengungkapkan bagaimana keputusan pendidikan sering kali dipengaruhi oleh kepentingan politik daripada kebutuhan akademis atau pendidikan yang sebenarnya. Politisasi ini sering menimbulkan resistensi dan kontroversi di masyarakat serta menyebabkan perubahan kurikulum yang tidak konsisten, mengganggu stabilitas dan kontinuitas pembelajaran. Untuk mencapai pendidikan yang berkualitas, perubahan kurikulum harus didasarkan pada bukti empiris dan kebutuhan pendidikan yang nyata, bukan semata-mata pada pertimbangan politik. Dengan demikian, pendidikan yang diberikan dapat lebih relevan dan bermanfaat bagi masa depan siswa.
Copyrights © 2025