Tingkat motivasi belajar yang rendah pada siswa SMA Negeri 6 Palu dalam mata pelajaran Biologi menjadi perhatian serius bagi peneliti. Siswa dengan motivasi belajar yang sangat rendah akan langsung berhenti berusaha, setiap kali menghadapi kesulitan belajar atau saat menghadapi ujian. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Kamboja SMAN 6 Palu terhadap Biologi dengan melaksanakan pembelajaran interaktif model PJBL. Prosedur penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan fokus pada pengamatan keaktifan siswa sebelum dan selama proses pembelajaran. Subjek penelitiannya adalah guru mata pelajaran biologi yang bertindak sebagai peneliti dan seluruh siswa kelas X Kamboja SMAN 6 Palu. Siswa di kelas ini berjumlah 25 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran interaktif model PJBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap Biologi, hal ini ditunjukkan dengan tingkat keaktifan siswa pada semua aspek yang diamati mencapai kriteria yang ditetapkan oleh peneliti yaitu 85%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025