Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 4 No. 2 (2025): Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah

Konsep Pendidikan Ibnu Taimiyah dan William Stern

Solihin, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pemikiran serta konsep yang diberikan oleh Ibnu Taimiyah dan William Stern dalam pendidikan. Pendekatan dalam penelitan ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif-interpretatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah library research. Data yang diperoleh adalah narasi deskriptif mengenai konsep pendidikan Ibnu Taimiyah dan William Stern yang bersumber pada karya dari Ibnu Taimiyah dan William Stern serta sumber referensi lain yang membahas tentang karya mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Ibnu Taimiyah dalam pendidikan, kiranya dapat dikatakan bahwa inti dari konsep pendidikannya adalah berupaya mengembalikan umat Islam agar mengamalkan Islam dengan cara menggali dari sumber pokoknya, yaitu Al-Quran dan Sunnah, sehingga tujuan pendidikan lebih ditekankan dalam rangka menegakkan dakwah islamiyah. Sedangkan pemikiran Louis William Stern mengkompromikan antara pandangan nativisme dan emperisme yang menggabungkan pentingnya faktor pembawaan dengan lingkungan sebagai faktor yang berpengaruh dalam perkembangan manusia. Pemikiran ini mempelopori Aliran konvergensi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tarqiyatuna

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah is a journal which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency in PAI/PGMI 2. Learning strategies in PAI/PGMI 3. Conceptual ideas, theory, and practice of PAI/PGMI 4. Study and application theory of ...