JPNM : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin
Vol. 3 No. 3 (2025): October : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin (ACCEPTED)

Menelaah Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint: Telaah Literatur Sepuluh Tahun Terakhir

Anita Ayu Lestari (Unknown)
Hamda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas media pembelajaran PowerPoint dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada era digital. Kajian literatur dilakukan dengan menelaah sebelas jurnal/artikel terpublikasi resmi pada periode 2015–2025 yang relevan dengan topik penelitian. Data diperoleh melalui penelusuran basis data ilmiah dan repositori akademik, kemudian dianalisis dengan tahapan identifikasi, evaluasi isi, dan sintesis temuan. Hasil telaah menunjukkan bahwa penggunaan PowerPoint secara konsisten meningkatkan hasil belajar, motivasi, dan aktivitas siswa dibandingkan metode konvensional. Keunggulan media ini meliputi tampilan visual yang menarik, integrasi multimedia, dan fleksibilitas penerapan pada berbagai model pembelajaran, seperti Problem Based Learning dan Pair Check. Validitas dan kepraktisan media berbasis Visual Basic for Applications (VBA) juga terkonfirmasi, mendukung prinsip Cognitive Theory of Multimedia Learning yang menekankan pemrosesan visual dan verbal. Namun, penelitian menekankan pentingnya desain interaktif dan keterampilan guru agar pemanfaatan PowerPoint tidak hanya sebatas presentasi visual, tetapi juga memperdalam pemahaman konseptual siswa. Dengan demikian, PowerPoint layak dijadikan alternatif media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan matematika di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpnm

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPNM: Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin is an open access journal, and a peer-reviewed journal. Our main goal is to disseminate current and original articles from academics, researchers and practitioners in the fields of Humanities and social sciences, Contemporary political science, Education ...