Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas media pembelajaran PowerPoint dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada era digital. Kajian literatur dilakukan dengan menelaah sebelas jurnal/artikel terpublikasi resmi pada periode 2015–2025 yang relevan dengan topik penelitian. Data diperoleh melalui penelusuran basis data ilmiah dan repositori akademik, kemudian dianalisis dengan tahapan identifikasi, evaluasi isi, dan sintesis temuan. Hasil telaah menunjukkan bahwa penggunaan PowerPoint secara konsisten meningkatkan hasil belajar, motivasi, dan aktivitas siswa dibandingkan metode konvensional. Keunggulan media ini meliputi tampilan visual yang menarik, integrasi multimedia, dan fleksibilitas penerapan pada berbagai model pembelajaran, seperti Problem Based Learning dan Pair Check. Validitas dan kepraktisan media berbasis Visual Basic for Applications (VBA) juga terkonfirmasi, mendukung prinsip Cognitive Theory of Multimedia Learning yang menekankan pemrosesan visual dan verbal. Namun, penelitian menekankan pentingnya desain interaktif dan keterampilan guru agar pemanfaatan PowerPoint tidak hanya sebatas presentasi visual, tetapi juga memperdalam pemahaman konseptual siswa. Dengan demikian, PowerPoint layak dijadikan alternatif media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan matematika di era digital.
Copyrights © 2025