Empowerment Journal
Vol. 5 No. 2 (2025): September

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA SMART BOX TERHADAP TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN PETAPAN 1 BANGKALAN

Putri Lailatul Aisah (Unknown)
Rudi Umar Susanto (Unknown)
Suharmono Kasiyun (Unknown)
Pance Mariati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media smart box dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Petapan 1 Bangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi bellajar berdasarkan indikator teori ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media smart box. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,776 atau 77,57% yang termasuk dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media smart box efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Guru disarankan untuk menggunakan media pembelajran inovatif guna menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

empowerment

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Health Professions Public Health Other

Description

Empowerment Journal : jurnal pengabdian kepada masyarakat adalah terbitan berkala nasional yang memuat artikel dari hasil diseminasi kegiatan pengabdian masyarakat yang berbasis research dalam bidang keilmuan multidisiplin, yaitu pendidikan, teknik informasi, sosial humaniora, manajemen, dan ...