Transparansi informasi di kantor layanan publik sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan penyebaran informasi melalui media digital seperti sistem informasi. Pelestarian budaya melalui taman budaya memerlukan kegiatan yang relevan bagi masyarakat untuk mempelajari kebudayaan setempat. Taman Budaya Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai unit pelaksana teknis bertujuan untuk memperkenalkan budaya melalui berbagai kegiatan, tetapi saat ini hanya mengandalkan media sosial. Mengembangkan sistem informasi yang terstruktur dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat dan transparansi kelembagaan sekaligus memastikan penyampaian informasi yang tepat waktu. User Centered Design (UCD) diterapkan untuk mengevaluasi sistem, mencapai tingkat kepuasan yang tinggi di antara responden dan mengonfirmasi efektivitasnya untuk penyebaran informasi digital. Dilakukan pengujian pada sistem dengan menguji prinsip User Interface (UI), yaitu konsistensi visibilitas, keterlibatan pengguna, efisiensi, dan kesederhanaan. Pada pengujian yang dilakukan dengan melibatkan 21 responden dari Taman Budaya NTB, masing-masing komponen prinsip UI mendapatkan nilai rata-rata di atas 4 pada skala 1-5 yang menunjukkan sangat tidak setuju sampai sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa responden menilai sistem sudah memenuhi aspek konsistensi, visibilitas, keterlibatan pengguna, efisiensi, dan kesederhanaan dengan baik.
Copyrights © 2025