Program Kampus Mengajar bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dasar melalui keterlibatan mahasiswa sebagai pendamping guru di sekolah. Selain berdampak pada sekolah, program ini juga berkontribusi terhadap pengembangan soft skills dan hard skills mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak jangka panjang program terhadap kesiapan kerja mahasiswa setelah lulus. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan meninjau 10 artikel dari jurnal terakreditasi, seperti Jurnal Pendidikan Al-Ishlah, Jurnal Riset Tindakan Indonesia (JRTI), Journal of Education Research, dan Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Data primer diperoleh melalui metode wawancara atau survey. Kemudian dianalisis secara analisis tematik (thematic analysis). Hasil kajian menunjukkan bahwa program ini meningkatkan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, kerja sama tim, dan pemecahan masalah. Selain itu, mahasiswa memperoleh keterampilan teknis seperti perencanaan pembelajaran, pemanfaatan teknologi, serta strategi pengajaran yang efektif. Program ini membantu mahasiswa menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik, meningkatkan daya saing lulusan di dunia kerja. Studi ini memberikan wawasan tentang efektivitas pembelajaran berbasis pengalaman dan implikasinya bagi kebijakan pendidikan tinggi di Indonesia untuk mempersiapkan lulusan yang lebih kompetitif, adaptif, dan siap menghadapi tantangan dunia kerja.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025