Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH)
Vol. 9 No. 1 (2025): April

Media Boneka Tangan Tema Binatang dengan Pendekatan Neuro Linguistic Programming untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa

Widiasih, Ni Putu (Unknown)
Kristiantari, Maria Goreti Rini (Unknown)
Ambara, Didith Pramuditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan berbicara masih ditemui hambatan seperti kurangnya minat dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran karena media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran boneka tangan dengan pendekatan Neuro Lingustic Programming yang valid dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli ahli materi, guru dan siswa.  Metode dari pengumpulan data menggunakan non tes dengan instrumen kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik kualitatif dan kuantitatif.  Berdasarkan hasil uji efektivitas, diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000. Hasil tersebutt menyatakan bahwa nilai Sig. < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas II sesudah menggunakan media pembelajaran boneka tangan pada muatan Bahasa Indonesia lebih dari atau sama dengan KKTP. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi media boneka tangan dan pendekatan NLP dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang inovatif, menyenangkan, dan berpihak pada karakteristik perkembangan siswa di kelas rendah sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran keterampilan berbicara.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPPSH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH) is a journal that uses a double-blind peer review model that can be accessed online. The purpose of JPPSH is to publish a journal containing quality articles that will be able to contribute thoughts from a theoretical and empirical ...