Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam meningkatkan kemampuan kerja peserta didik. Penelitian ini menggunakan LKPD dengan pendekatan konstruktivis berbasis kearifan lokal dalam konteks pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan subjek penelitian yang terdiri dari siswa siswa dengan kemampuan kerja terendah. LKPD diimpelementasikan dengan mengintegrasikan kearifan lokal bugis dan prinsip konstruktivis dengan tujuan melatih peserta didik dalam melakukan kerja cerdas, kerja keras, kerja tuntas, dan kerja ikhlas sebagai budaya kerja pemerintah di Kabupaten Bone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi LKPD konstruktivis berbasis kearifan lokal ini valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan kerja dan hasil belajar fisika peserta didik. Temuan penelitian ini memiliki implikasi bagi lembaga pendidikan, pembuat kebijakan, dan pendidik di Indonesia, khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran yang relevan dengan konteks budaya lokal serta memperkuat pendekatan konstruktivis dalam pendidikan fisika. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025