ABSTRAK Pengabdian ini membahas strategi pengembangan potensi pelajar melalui pendekatan terstruktur yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Mustajib Madarijul Ulum, Serang, Banten. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan pola pendidikan pesantren yang tidak hanya menanamkan nilai-nilai keagamaan, tetapi juga mampu mengembangkan potensi akademik, keterampilan sosial, dan karakter santri secara menyeluruh. Pendekatan terstruktur dipilih karena dinilai mampu menciptakan sistem pembinaan yang sistematis, terencana, dan berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini dilakukan melalui penjadwalan kegiatan harian yang tertib, pemetaan bakat dan minat santri, pembimbingan personal oleh musyrif, serta evaluasi rutin sebagai alat ukur perkembangan. Pendekatan ini terbukti mendorong peningkatan kedisiplinan, kepercayaan diri, dan motivasi belajar santri. Kendala seperti keterbatasan fasilitas dan tenaga pengajar diatasi melalui kerja sama dan manajemen yang adaptif. Dengan demikian, pendekatan terstruktur terbukti efektif dalam menunjang pengembangan potensi pelajar di lingkungan pesantren secara optimal.
Copyrights © 2025