Efektivitas Belajar Mahasiswa merujuk pada sejauh mana proses pembelajaran di perguruan tinggi membantu siswa mencapai tujuan akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stress akademik dan sistem blok perkulihan terhadap efektivitas belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi universitas negeri medan angkatan 2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi yang digunakan mencakup semua mahasiswa pendidikan ekonomi tahun ajaran 2022. Metode pengambilan sampel yang diterapkan adalah purposive sampling dengan total sampel sebanyak 30 mahasiswa yang berasal dari kelas A dan B. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linerar berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel independen tersebut memiliki dampak signifikan pada Efektivitas Belajar, baik secara simultan maupun secara terpisah. Stres Akademik berdampak negatif pada Efektivitas Belajar, sementara Sistem Blok Perkuliahan memberikan dampak positif, yang menunjukkan bahwa peningkatan dalam sistem blok perkuliahan dapat merangsang efektivitas belajar siswa. Ditemukan nilai signifikansi 0,05 (0,003 0,05), sehingga variabel Stres Akademik (X1) dan Sistem Blok Perkuliahan (X2) memiliki pengaruh signifikan secara bersamaan terhadap variabel Efektivitas Belajar (Y).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025