SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 2, No 1 (2025): April 2025

Implementation of E-Learning Media Assisted by Google Sites in Increasing Studesnts’ Scientific Literacy Capability

Agustina, Rizka Putri (Unknown)
Al Hakim, Yusro (Unknown)
Sriyono, Sriyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana e-learning berbantuan Google Sites dapat diimplementasikan dengan menggunakan pendekatan pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Petanahan dengan jumlah siswa 5 orang untuk uji coba terbatas dan 34 orang untuk uji coba luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran e-learning berbantuan Google Sites dinilai valid berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media. 2) Skor angket respon siswa sebesar 98%, hasil observasi aktivitas sebesar 97%, dan hasil implementasi modul ajar sebesar 98% termasuk dalam kategori praktis. 3) Hasil uji t berpasangan menunjukkan keefektifan media; nilai t sebesar 0,00 berarti H0 ditolak dan H1 diterima, yang menunjukkan bahwa penggunaan media e-learning berbantuan Google Sites telah meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...