SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 2, No 1 (2025): April 2025

Pengaruh Pembelajaran Ilmu lingkungan dan Mitigasi Bencana Terhadap Pembentukkan Kewarganegaraan Lingkungan Mahasiswa Universitas Riau

Febrianti, Novi (Unknown)
Erlinda, Sri (Unknown)
Primahardani, Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia, baik secara alami maupun buatan. Bencana ini terjadi akibat perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab kepada lingkungan. Lingkungan Universitas Riau juga terdampak dengan perilaku yang tidak beranggung jawab terhadap lingkungan, sehingga dapat menghambat terlaksananya SDGs di Indonesia. Solusi dari permasalahan ini salah satunya melalui pendidikan, yaitu dengan pembelajaran ilmu lingkungan dan mitigasi bencana. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pembelajaran Ilmu Lingkungan dan Mitigasi Bencana terhadap Pembentukkan Kewarganegaraan Lingkungan Mahasiswa Universitas Riau. Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Riau berjumlah 22.107 orang. Penentuan sampel menggunakan tabel Isaac Michael dengan taraf kesalahan 10%, dengan demikian diperoleh sebanyak 268 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kondisi Pembelajaran Ilmu Lingkungan Dan Mitigasi Bencana termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 86%, kondisi Pembentukkan Kewarganegaraan Lingkungan termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan persentase 96%. Berdasarkan analisis data; terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pembelajaran Ilmu Lingkungan Dan Mitigasi Bencana terhadap Pembentukkan Kewarganegaraan Lingkungan dengan menunjukkan nilai bahwa fhitung 419,657 ≥ ftabel 3,88 dan  nilai signifikan 0,000 ≤ 0,05. Disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga secara simultan Pembelajaran Ilmu Lingkungan Dan Mitigasi Bencana (X) berpengaruh signifikan terhadap Pembentukkan Kewarganegaraan Lingkungan (Y) Mahasiswa Universitas Riau. Hasil analisis uji koefisien determinasi Pengaruh (X) terhadap (Y) sebesar 61% sedangkan 39% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...