Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Kelas IV Pada SDN 72 Pekanbaru. Sampel penelitian berjumlah 3 guru yang berada di SDN 72 Pekanbaru. Untuk mengetahui Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Pada Peserta Didik di SDN 72 Pekanbaru ini. Melalui dari program kurikulum Merdeka seperti: Program Guru Penggerak Sekolah Penggerak, penguatan profil pancasila. Melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM),Kegiatan Ektrakurikuler dan Pembiasaan Melalui Budaya Sekolah. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Kualitatif. Metode analisis yang di gunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan Dokumentasi untuk pengelolaan datanya. Adapun permasalahan yang di angkat dari rumusan masalah ini ialah bagaimana Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik di SDN 72 Pekanbaru.penelitian ini berfokus pada Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peserta didik. Data yang di peroleh dari hasil wawancara dan observasi dapat dilihat melalui Kegiatan Belajar Mengejar dan pembiasaan-pembiasaan melalui dari budaya sekolah. Data Pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pendidikan karakter peserta didik itu dapat diuraikan secara deskripsi dengan mengelola data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi.
Copyrights © 2025