SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 2, No 1 (2025): April 2025

Efektivitas Media Pembelajaran Digital Berbasis Website Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Memahami Konsep Listrik Arus Searah

Syafitri, Aura Mutasyifa (Unknown)
Handoyo, Dwi (Unknown)
Silitonga, Mela Yanna (Unknown)
Harahap, Sanjaya (Unknown)
Hannum, Syarifah (Unknown)
Sabani, Sabani (Unknown)
Solikin, Solikin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran digital berbasis website dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep listrik arus searah. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui uji butir soal dan angket. Uji butir soal dilakukan untuk mengukur validitas, reliabilitas, daya beda, serta tingkat kesukaran soal, sementara angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital berbasis website memiliki kualitas soal yang baik dan valid dalam mengukur kemampuan kognitif siswa. Selain itu, hasil angket mengindikasikan bahwa mayoritas siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media ini, merasa lebih tertarik, serta terbantu dalam memahami materi. Dengan demikian, media pembelajaran digital berbasis website dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fisika, khususnya pada materi listrik arus searah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...