Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas eksperimen, rata-rata hasil belajar tanpa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas kontrol, dan perbedaan hasil belajar di kelas kontrol dan kelas eksperimen di SMA Koperasi Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan bentuk Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini siswa kelas XI IPS 20 siswa, dan siswa kelas XII IPS 25 siswa. Sampel yang digunakan menggunakan teknik sampling probability siswa kelas XI IPS sebagai kelas kontrol dan XII IPS sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kelas eksperimen di kelas XII IPS diperoleh 84,80 untuk nilai postest, rata-rata kelas kontrol di kelas XI IPS diperoleh 70,25 untuk nilai postest, perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar di kelas eksperimen dan kelas kontrol pada hasil belajar di SMA Koperasi Pontianak pada mata pelajaran Sosiologi.
Copyrights © 2025