Hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap akan memberikan wawasan yang dapat digunakan untuk strategi peningkatan mutu layanan di RSU Teungku Fakinah Banda Aceh. Penelitian ini tidak dapat diabaikan mengingat pentingnya pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien dalam rangka memperbaiki dan mengoptimalkan layanan rawat inap. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 30 Tahun 2022 tentang indikator standar kepuasan pelanggan dipelayanan rawat inap idealnya harus ≥ 90%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan rawat inap di RSU Teungku Fakinah Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret–April 2025. Metode penelitian ini menggunakan deskriptik analitik dengan pendekatan cross-sectional study. Sampel pada penelitian ini berjumlah 90 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling yang termasuk kedalam kriteria. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui pengisian kuesioner pada pasien rawat inap RSU Teungku Fakinah Banda Aceh. Hasil penelitian yang menggunakan uji korelasi spearman menunjukkan bahwa semua variabel (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik) berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap. Persentase kepuasan pasien rawat inap, responden yang merasa puas sebanyak 89 orang (98.9%) dan responden yang tidak puas sebanyak 1 orang (1.1%). Didapatkan nilai p-value kualitas pelayanan dimensi kehandalan 0,000 < 0,05, dimensi daya tanggap 0,000 < 0,05, dimensi jaminan 0,000 < 0,05, dimensi empati 0,000 < 0,05, dan dimensi bukti fisik 0,013 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini pasien merasa puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh RSU Teungku Fakinah Banda Aceh dan dengan adanya penelitian ini, harapannya pihak RSU Teungku Fakinah Banda Aceh dapat melakukan evaluasi mengenai kualitas pelayanan dan para tenaga medis sehingga dapat meningkatkan kelima dimensi pelayanan Kesehatan serta melakukan survei kepuasan secara berkala kepada pasien agar dapat menjadi rumah sakit yang lebih berkualitas.
Copyrights © 2025