Pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif di jenjang SMA memerlukan integrasi empat keterampilan berbahasa yaitu listening, speaking, reading, dan writing secara terpadu. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris melalui pelatihan penggunaan media berbasis Artificial Intelligence (AI) bagi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Remboken. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan interaktif, praktik langsung, dan evaluasi berbasis pre-test dan post-test dengan pendekatan performance-based assessment. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada semua aspek keterampilan berbahasa, dengan peningkatan rata-rata nilai sebesar 14,375 poin. Aspek speaking dan writing mengalami peningkatan tertinggi berkat penggunaan aplikasi Elsa Speak dan Grammarly. Kegiatan ini juga meningkatkan motivasi belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Kesimpulannya, pemanfaatan teknologi AI secara sistematis mampu mendorong pengembangan keterampilan berbahasa Inggris secara terintegrasi dan mendukung transformasi pembelajaran abad ke-21 di sekolah menengah.
Copyrights © 2025